Bupati Sidrap Buka Kegiatan Sosialisasi Perbup Pembatasan Sampah PSP

  • Whatsapp
banner 468x60

SIDRAPNEWS.COM, SIDRAP– Bupati Sidrap H. Dollah Mando membuka sosialisasi Peraturan Bupati tentang Pembatasan Sampah Plastik Sekali Pakai (PSP), Selasa (8/10/2019) di Baruga Kompleks SKPD Sidrap.

Sosialisasi dihadiri para unsur OPD, para camat, kepala desa dan lurah se-Kabupaten Sidrap. Tujuannya, untuk menyebarluaskan latar belakang dikeluarkannya Perbup tersebut, sehingga masyarakat dapat melakukan pembatasan timbulan sampah PSP.

Muat Lebih

banner 300250

Di depan peserta sosialisasi Dollah mengatakan, pengolahan sampah seperti pembatasan timbulan sampah PSP merupakan salah satu kriteria untuk mendapatkan Piala Adipura tahun 2019-2020.

“Untuk mempertahankan Piala Adipura diperlukan upaya bersama dalam pengolahan sampah, termasuk penanganan sampah plastik sekali pakai,” ungkap Dollah yang didampingi Kadis Perumahan Rakyat KPPLH Sidrap, Hj. Aryani Tajuddin.

Bupati Sidrap Buka Kegiatan Sosialisasi Perbup Pembatasan Sampah PSP
Peserta Sosialisasi Perbup Pembatasan Sampah PSP Kabupaten Sidrap

Karenanya Dollah mengharapkan instansi terkait, desa dan kelurahan untuk melakukan gerakan dan inovasi dalam penanganan masalah sampah tersebut. Misalnya, mengoptimalkan bank sampah, daur ulang, gerakan tidak menggunakan wadah plastik sekali pakai dan lainnya.

“Sampah tidak boleh Kita anggap remeh. Agar tidak menjadi ancaman serius yang bisa berdampak buruk pada lingkungan, perlu dilakukan inovasi–inovasi supaya sesegera mungkin mengatasi masalah sampah,” pesan Dollah.

Dalam sosialisasi itu dijelaskan, sampah PSP merupakan sampah yang terbuat dari bahan dasar plastik, lateks sintetis atau polythylene, thermoplastic synthetic polymeric dan diperuntukkan untuk sekali pakai.

Sampah PSP dapat berupa, kantong berbahan plastik, styrofoam dan sedotan plastik. Pembatasaan timbulan sampah PSP merupakan upaya mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.(ydn)*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60